Cara Mengenali Kekurangan Dan Kekurangan Diri Menurut Imam Al Ghozali
Oleh : Adam Mostafa EL Prembuny
Biasanya kita kalau baca lewat google nyari tips-tips psikologi pasti dari artikel/website yang bertemakan kesehatan.
Kali ini saya mau menyampaikan petuah dari salah satu ulama kita tentang cara mengetahui kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri kita.
● Imam al Ghozali dalam kitab Ihya` Ulumuddin pada sub kitabnya yakni Riyadhotun Nafs Wa Tahdzibul Khuluq.
Tahu gak sih, ketika Allah menghendaki kebaikan utk hamba Nya, Dia bakal menunjukkan kepada hamba Nya tentang kekurangan2 yg ada pada diri hamba2 nya. Maka, barangsiapa yg penglihatan mata hatinya cukup tajam, maka kekurangan2 yg ada pada dirinya gak akan tersembunyi darinya. Dan jika sudah mengetahuinya, maka dia mampu berusaha untuk menghilangkannya.
Tapi kebanyakan orang gak tahu kekurangan yg ada pada diri mereka. Sering sekali menampakkan debu di mata saudaranya, sementara gunung di pelupuk matanya sendiri tak nampak baginya.
Oleh Karna itu, siapa yg pengin tau kelemahan pada dirinya sendiri, ada empat cara:
1. Pertama, dgn duduk menemui seorang Guru/Syaikh yg paham ttg permasalahan jiwa dan batin. Selain punya pengetahuan yg banyak tentang penyakit2 hati yg tersembunyi. Kepada Guru nyalah hendaknya dia serahkan kendali atas dirinya, sambil mematuhi perintah2 nya dlm rangka mujahadah nya.
Begitulah seharusnya keadaan seorang yg berjalan menuju akhirat bersama Guru/syaikhnya, atau seorang murid bersama gurunya. Maka, Syaikh/Gurunya itu akan menunjukkan kpd nya apa saja penyakit hati yg dideritanya, serta gimana cara pengobatan yg harus dilakukan nya. Tapi dlm kenyataannya di zaman sekarang, sungguh sangat sulit nyari seorang syaikh seperti itu.
2. Kedua, dgn mencari teman yg tulus, pandai dan menjaga baik2 setiap aturan agama untuk dijadikannya sbg pengawas baginya, dan mengamati semua perilakunya.
Sehingga, setiap kali dia melihat sesuatu di antara akhlak ataupun tindakannya yg tidak sesuai di hatinya, atau suatu cacat lahir batin, semua itu pasti akan ditegur oleh teman tersebut.
Seperti itulah yg biasa dilakukan oleh para tokoh dan pemimpin agama yang bijak dan cakap. Sayidina Umar pernah berkata, "Rahmat Allah semoga tercurah atas siapa yang menunjukkan kepadaku segala cacat diriku."
3. Yg Ketiga adalah mengambil manfaat dari ucapan2 para pembenci.
Sebab (seperti kata seorang penyair), "... mata yang membenci akan menonjolkan segala keburukan....”
Dan, mungkin yg dapat dimanfaatkan dari seorang musuh yg keras hati, dlm mengingatkan seseorang pada kelemahan2 dirinya, adalah lebih besar daripada apa yg dapat dimanfaatkan dari seorang teman yg bermulut manis, yg bisanya cuma muji2 dan nyembunyiin kelemahan yg ada pada temannya yg lain.
Walaupun begitu, watak manusia selalu nganggep sepele apa yg diucapkan oleh musuh nya, nganggep nya musuhnya mengucapkan hal itu karena terdorong oleh kedengkiannya pd dirinya. Tapi, seorang yg bijak dan waspada, pasti gak akan mengabaikan manfaat dari ucapan musuh2 nya tentang dirinya, karna justru dari musuhlah akan terungkap keburukan2 nya melalui lidah mereka.
4. Keempat, bergaul dengan masyarakat luas.
Apa aja yg dinilainya jelek di antara perbuatan mereka, harusnya dia mempertanyakannya ttg hubungan nya sama dirinya, lalu menuntut juga pertanggungjawabannya. Karna, seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. Agar dia pun dapat melihat kelemahan2 dirinya sendiri, dgn melihat cacat orang2 selain dirinya. Dan menyadari juga bahwa watak manusia dlm mengikuti hawa nafsu, semuanya hampir sama.
Apa yg terdapat pada diri seseorang, pasti gak akan terlepas sama sekali pada diri teman2 dekatnya. Mungkin sama, atau lebih banyak lagi, atau lebih sedikit. Karena itu, harusnya dia melihat dirinya sendiri, lalu membersihkannya dari segala cacat atau aib yg sama seperti yg dilihatnya pada orang lain.
📕Ihya' Ulumuddin, sub kitab : Riyadhotun Nafs Wa Tahdzibul Khuluq, halaman 28-30. Tanpa penerbit
بيان الطريق الذي يعرف به الإنسان عيوب نفسه
اعلم أن الله عز وجل إذا أراد بعبد خيراً بصره بعيوب نفسه فمن كانت بصيرته نافذة لم تخف عليه عيوبه فإذا عرف العيوب أمكنه العلاج ولكن أكثر الخلق جاهلون بعيوب أنفسهم يرى أحدهم القذى في عين أخيه ولا يرى الجذع في عين نفسه.
فمن أراد أن يعرف عيوب نفسه فله أربعة طرق: الأول: أن يجلس بين يدي شيخ بصير بعيوب النفس مطلع على خفايا الآفات ويحكمه في نفسه ويتبع إشارته في مجاهدته.
وهذا شأن المريد مع شيخه والتلميذ مع أستاذه فيعرفه أستاذه وشيخه عیوب نفسه ويعرفه طريق علاجه. وهذا قد عز في الزمان وجوده.
الثاني: أن يطلب صديقاً صدوقا بصيراً متديناً فينصبه رقيباً على نفسه ليلاحظ أحوالها وأفعاله فما كره من أخلاقه وأفعاله وعيوبه الباطنة الظاهرة ينبهه عليه.
فهكذا كان يفعل كان عمر رضي الله عنه يقول: رحم الله امرأ أدهى إلى عيوبي.
وكان يسأل سلمان عن عيوبه فلما قدم عليه قال له: ما الذي بلغك عني مما تكرهه فاستعفى فألح عليه فقال: بلغني أنك جمعت بين إدامين على مائدة وأن لك حلتين حلة بالنهار وحلة بالليل قال: وهل بلغك غير هذا قال: لا فقال: أما هذان فقد كفيتهما.
الطريق الثالث: أن يستفيد معرفة عيوب نفسه من ألسنة أعدائه فإن عين السخط تبدي المساويا.
ولعل انتفاع الإنسان بعدو مشاحن يذكره عيوبه أكثر من انتفاعه بصديق مداهن يثني عليه ويمدحه ويخفي عنه عيوبه إلا أن الطبع مجبول على تكذيب العدو وحمل ما يقوله على الحسد ولكن البصير لا يخلو عن الانتفاع بقول أعدائه فإن مساويه لا بد وأن تنتشر على ألسنتهم.
الطريق الرابع: أن يخالط الناس فكل ما رأه مذموما فيما بين الخلق فليطالب نفسه به وينسبها إليه فإن المؤمن مرآة المؤمن فيرى من عيوب غيره عيوب نفسه ويعلم أن الطباع متقاربة في اتباع الهوى.
فما يتصف به واحد من الأقران لا ينفك القرن الآخر عن أصله أو عن أعظم منه أو عن شيء منه فليتفقد نفسه ويطهرها من كل ما يذمه من غيره وناهيك بهذا تأديبا فلو ترك الناس
كلهم ما يكرهونه من غيرهم لاستغنوا عن المؤدب.
قيل لعيسى عليه السلام: من أدبك قال ما أدبني أحد رأيت جهل الجاهل شينا فاجتنبيه.
وهذا كله حيل من فقد شيخاً عارفاً ذكياً بصيراً بعيوب النفس مشفقاً ناصحاً في الدين فارغاً من تهذيب نفسه مشتغلاً بتهذيب عباد الله تعالى ناصحاً لهم فمن وجد ذلك فقد وجد الطبيب فليلازمه فهو الذي يخلصه من مرضه وينجيه من الهلاك الذي هو بصدده.
Riyadhotun Nafs (kitab Al Ihya')📕
Tidak ada komentar:
Posting Komentar