Tingkatan Mujtahid Fiqh Dalam Islam Menurut Syaikh Wahbah Zuhaili
Oleh : Adam Mostafa EL Prembuny☆Referensi saya :
■1. Mujtahid Muthlaq yg Berijtihad Sendiri (Mujtahid Mustaqil)
Adalah mujtahid yg mampu membuat kaidah sendiri. Ia membina fikih di atas kaidah2 tersebut. Yg termasuk dlm tingkatan mujtahid paling tinggi ini adalah para Imam mazhab empat (Imam Abu Hanifah, Imam Maliki, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad).
■2. Mujtahid Muthlaq yg Tidak Berijtihad Sendiri (Mujtahid Muthlaq Ghoiru Mustaqil)
Adalah mujtahid yg memiliki syarat2 berijtihad yg dimiliki mujtahid mustaqil, tetapi ia tidak menciptakan kaidah2 sendiri, tapi mengikuti cara salah seorang dari para imam mujtahid.
Jadi, mereka adalah Muntasib (mengikuti) bukan mustaqil.
Contoh Mujtahid Muntasib adalah murid2 para imam madzhab empat tadi, di antaranya Qodhi Abu Yusuf dan Zufar dari golongan Hanafi.
Kemudian Ibnul Qosim, Al Asyhab, dan Asad Ibnul Furot dari mazhab Maliki.
Imam al Buwaithi dan Imam al Muzani dari mazhab Syafi’i
Imam Abu Bakar al Marwazi dari mazhab Hambali.
Jadi, mereka kadang berbeda pendapat dgn guru mereka, tetapi mereka mengikutinya dlm kaidah2 yg utama.
Kedua tingkatan ini (Mustaqil dan Muntashib) sudah habis dan tidak ada lagi.
■3. Mujtahid Muqoyyad
Disebut juga dgn mujtahid dlm masalah2 yg gak ada nash dari para Imam madzhab atau Mujtahid Takhrij. Contohnya seperti :
Imam al Khoshof, Imam At Thohawi, Imam al Karkhi, Imam al Hilwani, Imam as Sarakhsi, Imam al Bazdawi dan Imam Qodhi Khan 》dari madzhab Hanafi.
Imam al Abhari dan Imam Ibnu Abi Zaid al Qairuwani 》dari madzhab Maliki.
Imam Abi Ishaq Asy Syirazi, Imam al Marwazi, Imam Muhammad bin Jabir, Imam Abu Nashr, dan Imam Ibnu Khuzaimah 》 dari mazhab Syafi’i.
Imam Qodhi Abu Ya’la dan Imam Qodhi Abu 'Ali bin Abi Musa 》dari madzhab Hanbali.
Mereka Semua dinamakan Ashhabul wujuh, sebab melahirkan hukum2 yg tidak dinashkan oleh para imam. Perbuatan mereka dinamakan satu wajah dlm mazhab atau satu pendapat dlm mazhab.
Pendapat2 ini dinisbatkan kpd para imam ini, bukan kpd imam pencetus mazhab. Hal ini banyak terjadi dlm madzhab Syafi’i dan Hanbali.
■4. Mujtahid Tarjih
Adalah mujtahid yg mampu menguatkan pendapat imam mazhab dgn pendapat2 yg lain. Atau yg mampu merojihkan di antara apa yg dikatakan oleh imam, dan apa yg dikatakan oleh murid2 nya ataupun oleh para imam yg lain. Jadi, ia berusaha menguatkan sebagian riwayat yg lain.
Yg termasuk dlm kategori ini yakni Imam Al Qoduri dan Imam al Marghinani (sohibul kitab Al Hidayah) 》dari madzhab Hanafi.
Seperti Imam al Kholid 》dari madzhab Maliki.
Seperti Imam ar Rofi’iy dan Imam An Nawawi 》dari madzhab Syafi’i.
Dan seperti Imam Al Qodhi Alauddin al Mardawi, Imam Abul Khothob Mahfudz al Baghdadi 》dari madzhab Hanbali.
■5. Mujtahid Fatwa
Adalah mujtahid yg berpegang kuat dgn madzhab, ia menerima dan menyampaikannya kpd orang lain, serta memberi penjelasan dlm perkara2 yg jelas dan dlm perkara2 yg musykil/sulit.
Ia membuat perbedaan di antara pendapat yg paling kuat, yg kuat, yg lemah, yg rajih (dikuatkan), dan yg marjuh (dilemahkan). Tapi ia punya kelemahan dlm menguraikan dalil dan mengemukakan bandingannya (qiyasnya).
Mereka terdiri atas para penulis kitab pada zaman mutakhir seperti pengarang kitab Al Kanz, pengarang kitab Durul Mukhtar, pengarang kitab Al Wiqoyah, pengarang kitab Majma’ ul Anhar 》dari madzhab Hanafi.
Seperti Imam ar Romli dan Ibnu Hajar al Haitami 》dari madzhab Syafi’i.
■6. Thobaqot Muqollidin
Muqollid adalah ulama yg tidak mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan antara pendapat yg lemah dan yg kuat, serta tidak dapat membedakan antara yg rajih dan yg marjuh.
~Qultu : "Muqollid" adalah ulama yg menyandarkan ketentuan hukum suatu tindakan berdasarkan fatwa seorang Mujtahid tertentu, oleh karena itu amalan mereka disebut pula sbg amalan taqlid.
Selain itu, jumhur ulama tidak membedakan antara mujtahid muqoyyad dgn mujtahid takhrij, tapi Imam Ibnu ‘Abidin al Hanafiy meletakkan thobaqot Mujtahid Takhrij di tempat yg ke empat setelah mujtahid Muqoyyad dgn memberi contoh sprti : Imam al Jashosh al Hanafiy dan ulama2 yg setingkat dengannya.
๐Fiqhul Islamiy wa Adillatuhu, juz 1 halaman 47 - 48, Cet. Darul Fikr.
Secara istilah, adalah suatu kaum yang hidup dalam satu masa dan memiliki keserupaan dalam umur dan sanad, yakni pengambilan hadis dari para guru.
ู ุฑุงุชุจ ุงููููุงุก
ูุงุจุฏ ููู ูุชู ุฃู ูุนูู ุญุงู ููุชู ุจูููู, ููุนุฑู ุฏุฑุฌุชู ูู ุงูุฑูุงูุฉ ููู ุงูุฏุฑุงูุฉ, ูุทุจูุชู ุจูู ุทุจูุงุช ุงููููุงุก, ููู ูุฒ ุจูู ุงูุขุฑุงุก ุงูู ุชุนุงุฑุถุฉ, ููุฑุฌุญ ุฃููุงูุง
1. ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ุณุชูู : ููู ุงูุฐู ุงุณุชูู ุจูุถุน ููุงุนุฏู ูููุณู, ูุจูู ุนูููุง ุงูููู, ูุฃุฆู ุฉ ุงูู ุฐุงูุจ ุงูุฃุฑุจุนุฉ. ูุณู ู ุงุจู ุนุงุจุฏูู ูุฐู .ุงูุทุจูุฉ : ุทุจูุฉ ุงูู ุฌุชูุฏูู ูู ุงูุดุฑุน
ูข. ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ุทูู ุบูุฑ ุงูู ุณุชูู : ููู ุงูุฐู ูุฌุฏุช ููู ุดุฑูุท ุงูุงุฌุชูุงุฏ ุงูุชู ุงุชุตู ุจูุง ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ุณุชูู, ูููู ูู ูุจุชูุฑ ููุงุนุฏ ูููุณู, ุจู ุณูู ุทุฑูู ุฅู ุงู ู ู ุฃุฆู ุฉ ุงูู ุฐุงูุจ ูู ุงูุงุฌุชูุงุฏ, ููู ู ุทูู ู ูุชุณุจ, ูุง ู ุณุชูู, ู ุซู ุชูุงู ุฐุฉ ุงูุฃุฆู ุฉ ุงูุณุงุจู ุฐูุฑูู ูุฃุจู ููุณู ู ุญู ุฏ ูุฒูุฑ ู ู ุงูุญูููุฉ, ูุงุจู ุงููุงุณู ูุฃุซูุจ ูุฃุณุฏ ุจู ุงููุฑุงุช ู ู ุงูู ุงูููุฉ, ูุงูุจููุทู ูุงูู ุฒูู ู ู ุงูุดุงูุนูุฉ, ูุฃุจู ุจูุฑ ุงูุฃุซุฑู , ูุฃุจู ุจูุฑ ุงูู ุฑูุฐู ู ู ุงูุญูุงุจูุฉ. ูุณู ู ุงุจู ุนุงุจุฏูู ูุฐู ุงูุทุจูุฉ : ุทุจูุฉ ุงูู ุฌุชูุฏูู ูู ุงูู ุฐูุจ : ููู ุงููุงุฏุฑูู .ุนูู ุงุณุชุฎุฑุงุฌ ุงูุฃุญูุงู ู ู ุงูุฃุฏูุฉ ุงููุฑูุน, ููู ูููุฏููู ูู ููุงุนุฏ ุงูุฃุตูู. ููุงุชุงู ุงูู ุฑุชุจุชุงู ูุฏ ููุฏุชุง ู ู ุฒู ุงู
3. ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ููุฏ, ุฃู ู ุฌุชูุฏ ุงูู ุณุงุฆู ุงูุชู ูุง ูุต ูููุง ุนู ุตุงุญุจ ุงูู ุฐูุจ ุฃู ู ุฌุชูุฏ ุงูุชุฎุฑูุฌ, ูุงูุฎุตุงู ูุงูุทุญุงูู ูุงููุฑุฎู ูุงูุญููุงูู ูุงูุณุฑุฎุณู ูุงูุจุฒุฏูู ููุงุถู ุฎุงู ู ู ุงูุญูููุฉ, ูุฃุจู ุฅุณุญุงู ุงูุดูุฑุงุฒู ูุงูุฑูุฒู ูู ุญู ุฏ ุจู ุฌุฑูุฑ ูุฃุจู ูุตุฑ ูุงุจู ุฎุฒูู ุฉ ู ู ุงูุดุงูุนูุฉ, ูุงููุงุถู ุฃุจู ูุนูู ูุงููุงุถู ุฃุจู ุนูู ุจู ุฃุจู ู ูุณู ู ู ุงูุญูุงุจูุฉ. ููุคูุงุก ูุณู ูู ุฃุตุญุงุจ .ุงููุฌูู, ูุฃููู ูุฎุฑุฌู ู ู ุง ูู ููุต ุนููู ุนูู ุฃููุงู ุงูุฅู ุงู , ููุณู ู ุฐูู ูุฌูุง ูู ุงูู ุฐูุจ, ุฃู ูููุง ููู
ูค. ู ุฌุชูุฏ ุงูุชุฑุฌูุญ : ููู ุงูุฐู ูุชู ูู ู ู ุชุฑุฌูุญ ููู ูุฅู ุงู ุงูู ุฐูุจ ุนูู ููู ุขุฎุฑ, ุฃู ุงูุชุฑุฌูุญ ุจูู ู ุง ูุงูู ุงูุฅู ุงู ูู ุง ูุงูู ุชูุงู ูุฐู ุฃู ุบูุฑู ู ู ุงูุฃุฆู ุฉ, ูุดุฃูู ุชูุถูู ุจุนุถ ุงูุฑูุงูุงุช ุนูู ุจุนุถ, ู ุซู ุงููุฏูุฑู ูุงูู ุฑุบููุงูู ุตุงุญุจ ุงููุฏุงูุฉ ู ู ุงูุญูููุฉ, ูุงูุนูุงู ุฉ ุฎููู ู ู ุงูู ุงูููุฉ, ูุงูุฑูุนู ูุงููููู ู ู ุงูุดุงูุนูุฉ, ูุงููุงุถู ุนูุงุก ุงูุฏูู ุงูู ุฑุฏุงูู ู ููุญ ู ุฐูุจ ุงูุญูุงุจูุฉ, ูุฃุจู ุงูุฎุทุงุจ .ู ุญููุธ ุจู ุฃุญู ุฏ ุงููููุฐุงูู ุงูุจุบุฏุงุฏู (510ูู) ุงูู ุฌุชูุฏ ูู ู ุฐูุจ ุงูุญูุงุจูุฉ
ู. ู ุฌุชูุฏ ุงููุชูุง : ููู ุฃู ูููู ุจุญูุธ ุงูู ุฐูุจ ููููู ูููู ู ูู ุงููุงุถุญุงุช ูุงูู ุดููุงุช, ููู ูุฒ ุจูู ุงูุฃููู ูุงูููู ูุงูุถุนูู, ูุงูุฑุงุฌุญ ูุงูู ุฑุฌูุญ, ูููู ุนูุฏู ุถุนู ูู ุชูุฑูุฑ ุฃุฏูุชู ูุชุญุฑูุฑ ุฃููุณุชู, ูุฃุตุญุงุจ ุงูู ุชูู ุงูู ุนุชุจุฑุฉ ู ู ุงูู ุชุฃุฎุฑูู, ู ุซู ุตุงุญุจ .ุงูููุฒ, ูุตุงุญุจ ุงูุฏุฑ ุงูู ุฎุชุงุฑ, ูุตุงุญุจ ุงูููุงูุฉ, ูุตุงุญุจ ู ุฌู ุน ุงูุฃููุฑ ู ู ุงูุญูููุฉ, ูุงูุฑุงูุนู ูุงููููู ู ู ุงูุดุงูุนูุฉ
.6. ุทุจูุฉ ุงูู ููุฏูู : ุงูุฐูู ูุง ููุฏุฑูู ุนูู ู ุง ุฐูุฑ ู ู ุงูุชู ููุฒ ุจูู ุงูููู ูุบูุฑู, ููุง ููุฑููู ุจูู ุงูุบุซ ูุงูุณู ูู
ูุฐุง ููู ููุฑู ุงูุฌู ููุฑ ุจูู ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ููุฏ, ูู ุฌุชูุฏ ุงูุชุฎุฑูุฌ, ูุฌุนู ุงุจู ุนุงุจุฏูู ุทุจูุฉ ู ุฌุชูุฏ ุงูุชุฎุฑูุฌ ู ุฑุชุจุฉ ุฑุงุจุนุฉ ุจุนุฏ ุงูู ุฌุชูุฏ ุงูู ููุฏ, ูู ุซู ูู ุจุงูุฑุงุฒู ุงูุฌุตุงุต (ุงูู ุชููู ุณูุฉ 370ูู) ูุฃู ุซุงู
Tidak ada komentar:
Posting Komentar