Rincian Lengkap dan Penjelasan Hukum Jual Beli Saat Tiba Pelaksanaan Sholat Jumat
Oleh : Adam Mostafa EL Prembuny
☆Referensi saya :
๐Al Hawi al Kabir,
๐ณ♂️Imam al Mawardi
๐Tafsir Al Jami' li Ahkamil Qur'an
๐ณ♂️Imam al Qurthubi
๐Tafsir Al Qur'anil 'Adzhim
๐ณ♂️Imam Ibnu Katsir
๐Al Muhadzdzab
๐ณ♂️Imam Asy Syairozi
๐Al Mu'tamad fil Fiqhi asy Syafii
๐ณ♂️Syaikh Muhammad Az Zuhaili
Firman Allah Ta’ala,
ٰูุٓงََُّููุง ุงَّูุฐَِْูู ุงٰู َُْููุٓง ุงِุฐَุง ُْููุฏَِู ِููุตَّٰููุฉِ ู ِْู َّْููู ِ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ َูุงุณْุนَْูุง ุงِٰูู ุฐِْูุฑِ ุงِّٰููู َูุฐَุฑُูุง ุงْูุจَْูุนَۗ ุฐُِٰููู ْ ุฎَْูุฑٌ َُّููู ْ ุงِْู ُْููุชُู ْ ุชَุนَْูู َُْูู
“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”(QS. Al Jumu’ah : 9)
☆Hukum asal dari transaksi jual beli adalah
diperbolehkan, kecuali kalo ada praktek
tertentu yang dilarang syariat, maka hukum transaksinya menjadi terlarang alias Haram.
Salah satu contoh dari praktek jual beli yang
terlarang (Haram) adalah ketika transaksinya dilakukan pada saat adzan jumat telah/sedang dikumandangkan.
●
1. Apakah larangan hanya berlaku pada akad jual beli aja?
Menurut Ulama Syafiiyah, Keharaman ini gak terbatas pada jual beli aja, tapi termasuk di dalam nya semua akad yang bisa memalingkan/mengalihkan seseorang dari mengingat Allah dan mendengar khutbah Jum’at seperti akad nikah, sewa-menyewa dan akad lain.
Imam al Mawardi di dlm kitab ๐Al Hawi al Kabir (16/147 ), beliau menjelaskan :
ููุงู ู ุนูู ูููู ุนู ุงูุจูุน ุฃูู ุดุงุบู ุนู ุญุถูุฑ ุงูุฌู ุนุฉ ، ููุง ูุช ุนููุฏ ุงูู ุงูุญ ูุงูุฅุฌุงุฑุงุช ูุณุงุฆุฑ ุงูุฃุนู ุงู ูุงูุตูุงุฆุน ููุงุณุง ุนูู ุงูุจูุน ، ูุฃูู ุดุงุบู ุนู ุญุถูุฑ ุงูุฌู ุนุฉ .
“Maksud dari dilarangnya jual-beli, karena jual-beli itu memalingkan seseorang dari mendatangi shalat Jum’at, makanya seluruh akad pernikahan dan sewa-menyewa, serta setiap bentuk kegiatan dan kerajinan disamakan dgn jual beli, karena semuanya memalingkan seseorang dari menghadiri shalat Jum’at.“
●
2. Batas Waktu yg Mulai Diharamkan.
Mayoritas ulama menyatakan bahwa KEHARAMAN
untuk jual beli dimulai pas Muadzin mengumandangkan Adzan dan Khotib sedang/sudah naik ke mimbar. (Kalo di madzhab Syafii itu pas adzan kedua, kalo masih adzan pertama masih boleh yagesyaa, tapi makruh.. ๐)
ููู ููุช ุงูุชุญุฑูู ูููุงู ؛ุงูุฃูู : ุฃูู ู ู ุจุนุฏ ุงูุฒูุงู ุฅูู ุงููุฑุงุบ ู ู ุงูุตูุงุฉ ، ูุงูู ุงูุถุญุงู ، ูุงูุญุณู ูุงูุนุทุงุกุงูุซุงูู : ู ู ููุช ุฃุฐุงู ุงูุฎุทุจุฉ ุฅูู ููุช ุงูุตูุงุฉ ، ูุงูู ุงูุดุงูุนู
“Terkait detail waktu keharaman jual beli, ada dua pendapat :
Yang Pertama, dimulai sejak Zawal (matahari tergelincir dari tengah hari) sampai sholat Jumat selesai. Ini adalah pendapat Imam ad Dhohhak, Hasan dan Atho’.
Yang kedua, dimulai sejak dikumandangkan adzan khutbah (Adzan yg kedua) sampai dengan waktu shalat Jumat. Ini adalah pendapat Imam Syafii.”
ู ูุน ุงููู ุนุฒ ูุฌู ู ูู ุนูุฏ ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ، ูุญุฑู ู ูู ููุชูุง ุนูู ู ู ูุงู ู ุฎุงุทุจุง ุจูุฑุถูุง.
Allah melarang jual-beli ketika shalat Jum’at, dan diharamkan untuk melakukan transaksi tersebut pada waktu (shalat Jum’at ) bagi siapa yg terkena kewajiban Jum’at. “
๐Tafsir Imam al Qurthubi : 18/107.
ูููุฐุง ุงุชูู ุงูุนูู ุงุก ุฑุถู ุงููู ุนููู ุนูู ุชุญุฑูู ุงูุจูุน ุจุนุฏ ุงููุฏุงุก ุงูุซุงูู
"(Firman Allah: َูุฐَุฑُูุง ุงْูุจَْูุนَ yaitu; bersegeralah untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli jika telah diseru untuk shalat)
Dan oleh karenanya para ulama telah bersepakat akan haramnya jual beli setelah adzan kedua”.
๐Tafsir Imam Ibnu Katsir: 8/122
●
2. Status Jual Beli.
Ketika ada yg melakukan transaksi jual beli saat
adzan jumat sudah/sedang dikumandangkan, maka
bagaimana hukumnya?
"Jual Beli tetap Sah tapi Berdosa". Pendapat ini disampaikan oleh ulama dari mazhab Syafi’i dan kalangan ulama madzhab Hanafi yg beralasan bahwa larangan jual beli di sini gak terkait dgn transaksi jual belinya, tapi larangan tersebut mengarah pada akibat dari jual belinya, yaitu gak ndengerin khutbah.
Larangannya gak ada hubungannya sama
inti akad dan syarat sah akad. Jadi jual belinya tetap sah, tapi pelakunya berdoza yagesya.. ๐
Imam asy Syairozi dlm kitab ๐Al Muhadzdzab, beliau berkata :
ููุงูุจุทู ุงูุจูุน ูุฃู ุงูููู ูุง ูุฎุชุต ุจุงูุนูุฏ ููู ูู ูุน ุงูุตูุงุฉ ูุง ูุตูุงุฉ ูู ุงูุฃุฑุถ ุงูู ุบุตูุจุฉ
“Tidak membatalkan akad jual beli (akadnya sah),
karena sesungguhnya larangan tersebut gak
dikhususin pada akad, sementara akad tidak
menghalangi sholat, sehingga seperti (hukum)
shalat di bumi yg dighoshob (berdosa).”
"Sah" berarti terjadi perpindahan kepemilikan dan tidak bisa dibatalkan lagi.
karena sesungguhnya larangan tersebut gak
dikhususin pada akad, sementara akad tidak
menghalangi sholat, sehingga seperti (hukum)
shalat di bumi yg dighoshob (berdosa).”
"Sah" berarti terjadi perpindahan kepemilikan dan tidak bisa dibatalkan lagi.
●
3. Gimana rincian hukum jual belinya?
Dalam kitab ๐Al Mu’tamad Fil Fiqhi Asy Syafi’i, karya Syaikh Muhammad az Zuhaili, beliau menjelaskan rincian tentang hukum jual beli saat tiba pelaksanaan sholat Jumat, dibagi dlm beberapa kondisi :
ุงูุจูุน ููุช ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ:
ูุงู ุงููู ุชุนุงูู: ( ูุฃููุง ุงูุฐูู ุกุงู ููุง ุฅุฐุง ููุฏู ููุตููุฉ ู ู ููู ุงูุฌู ุนุฉ ูุงุณุนูุง ุฅูู ุฐูุฑ ุงููู ูุฐุฑูุง ุงูุจูุน ุฐููู ุฎูุฑ ููู ุฅู ููุชู ุชุนูู ูู﴾ [ุงูุฌู ุนุฉ : ูฉ]. ูุงูุจูุน ูู ููู ุงูุฌู ุนุฉ ูู ุชูุตูู :
ูก ู ุฅุฐุง ูุงู ุงูุจูุน ูุจู ุงูุฒูุงู ุฌุงุฒ، ููู ููุฑู ููุฌู ูุน ูุณุงุฆุฑ ุงูุฃููุงุช .
ูข ู ููุฐูู ูุง ููุฑู ุงูุจูุน ุจุนุฏ ุงูุชูุงุก ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ، ููููู ุชุนุงูู: ﴿ ูุฅุฐุง ูุถูุช ุงูุตููุฉ ูุงูุชุดุฑูุง ูู ุงูุฃุฑุถ ูุงุจุชุบูุง ู ู ูุถู ุงููู ูุงุฐูุฑูุง ุงููู ูุซูุฑุง ูุชูู ุชููุญูู﴾ [ุงูุฌู ุนุฉ : 10] .
ูฃ ู ุฅุฐุง ุชุจุงูุน ุฑุฌูุงู ููุณุง ู ู ุฃูู ูุฑุถ ุงูุฌู ุนุฉ ูู ูุญุฑู ุงูุจูุน ููู ููุฑู ุทูุงู ุงูููู ، ูุญุชู ุฃุซูุงุก ุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ .
ูค ู ุฅุฐุง ูุงู ุงูู ุชุจุงูุนุงู ู ู ุฃูู ูุฑุถูุง، ุฃู ุฃุญุฏูู ุง ู ู ุฃูู ูุฑุถูุง، ููุงู ุงูุจูุน ุจุนุฏ ุงูุฒูุงู ููุจู ุธููุฑ ุงูุฅู ุงู ، ุฃู ูุจู ุฌููุณู ุนูู ุงูู ูุจุฑ، ููุจู ุดุฑูุน ุงูู ุคุฐู ูู ุงูุฃุฐุงู ุจูู ูุฏู ุงูุฎุทูุจ ، ูุฑู ุงูุจูุน ูุฑุงูุฉ ุชูุฒูู .
ู ู ุฅุฐุง ูุงู ุงูุจูุน ุจุนุฏ ุฌููุณ ุงูุฅู ุงู ุนูู ุงูู ูุจุฑ ูุดุฑูุน ุงูู ุคุฐู ูู ุงูุฃุฐุงู ุญุฑู ุงูุจูุน ุนูู ุงูู ุชุจุงูุนูู ุฌู ูุนุงً، ูุฃุซู ุง، ููุขูุฉ ุงููุฑูู ุฉ
. ููุฐูู ูุญุฑู ุงูุจูุน ุฅุฐุง ูุงู ุฃุญุฏ ุงูู ุชุจุงูุนูู ู ู ุฃูู ูุฑุถ ุงูุฌู ุนุฉ، ูุงูุขุฎุฑ ููุณ ู ู ุฃูู ูุฑุถ ุงูุฌู ุนุฉ، ููุฃุซู ุงู ุฌู ูุนุงً، ูุฃู ุงูุฃูู ุชูุฌู ุนููู ุงููุฑุถ، ูุงุดุชุบู ุนูู ، ูุงูุขุฎุฑ ุดุบูู ุนู ุงููุฑุถ، ููุญุตู ุงูุฅุซู ุจู ุฌุฑุฏ ุดุฑูุน ุงูู ุคุฐู ูู ุงูุฃุฐุงู ูุธุงูุฑ ุงูุขูุฉ ุงููุฑูู ุฉ .
ูฆ ู ุฅุฐุง ุฃุฐู ุงูู ุคุฐู ูุจู ุฌููุณ ุงูุฅู ุงู ุนูู ุงูู ูุจุฑ ูุฑู ุงูุจูุน ููู ูุญุฑู .
ูง ู ุฅุฐุง ุณู ุน ู ู ูุฌุจุช ุนููู ุงูุฌู ุนุฉ ุงููุฏุงุก، ููุงู ูู ุงูุญุงู ูุงุตุฏุงً ุงูุฌู ุนุฉ ، ูุชุจุงูุน ูู ุทุฑููู، ููู ูู ุดู، ููู ููู، ุฃู ูุนุฏ ูู ุงูุฌุงู ุน ูุจุงุน، ููุง ูุญุฑู ، ููููู ููุฑู ، ูุฃู ุงูู ูุตูุฏ ูู ุงูุขูุฉ ุฃู ูุง ูุชุฃุฎุฑ ุนู ุงูุณุนู ุฅูู ุงูุฌู ุนุฉ . ูุฎุต ุงูุจูุน ูุฃูู ูุฑุฏ ูู ุงููุฑุขู ุงููุฑูู ، ูููุงุณ ุนููู ุบูุฑู ู ู ูู ู ุง ูุดุบู ุนู ุงูุณุนู ูุตูุงุฉ ุงูุฌู ุนุฉ ، ูุณุงุฆุฑ ุงูุนููุฏ ูุงูุตูุงุฆุน ูุงูุฃุนู ุงู
1. Jika jual belinya dilakukan sebelum Zawal (matahari geser dikit setelah tengah hari), 》Maka hal itu diperbolehkan, dan tidak makruh utk semua orang, sebagaimana pada waktu-waktu lainnya.
2. Demikian juga setelah selesai sholat Jumat, 》Maka tidak makruh, sesuai dgn firman Allah taala :
""Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung“".
(QS: Al Jumu'ah - 10).
3 - Jika ada dua laki-laki yg gak termasuk orang yg wajib melaksanakan Sholjum, 》Maka transaksinya tidak diharamkan dan tidak dimakruhkan sepanjang hari itu, bahkan pada saat sholat Jumat sekalipun.
4. Jika kedua belah pihak yg berjualan termasuk yg wajib Sholjum, atau salah satu di dari mereka termasuk yg wajib, dan transaksinya dilakukan setelah Zawal dan sebelum Imam hadir atau sebelum Imam duduk di mimbar, dan sebelum Muadzin mulai mengumandangkan adzan (kedua) di hadapan Khotib, 》Maka jual beli/transaksi tersebut hukumnya Makruh. Makruh tanzih.
5. Jika jual beli dilakukan setelah Imam duduk di mimbar dan Muadzin mengumandangkan Adzan kedua, 》Maka jual beli tersebut diharamkan bagi semua pihak yg bertransaksi, dan termasuk berdosa berdasarkan ayat Karimah (QS: Al Jumu'ah - 9).
Dan begitu pula Haram melakukan transaksi apabila salah satu pihak adalah orang yg wajib sholat jum’at dan pihak yg kedua tidak diwajibkan melaksanakan sholat jum’at.
Keduanya tetap berdosa, karena pihak yg pertama mempunyai kewajiban untuk shalat jum’at tapi dia melalaikannya sebab melakukan jual beli.
Dan pihak kedua pun berdosa karna terlibat dlm hal melalaikan kewajiban sholat Jum’at pihak yg pertama. Dosa tersebut terjadi ketika adzan kedua dikumandangkan berdasarkan apa yg tersirat dari ayat Karimah (QS: Al Jumu’ah - 9).
6. Jika Muadzin mengumandangkan adzan (pertama) sebelum Imam duduk di mimbar, 》Maka transaksi jual beli tersebut Makruh dan tidak Haram.
7. Jika orang yg dikenai kewajiban sholat Jum'at itu mendengar adzan, lalu segera berdiri, berniat menunaikan sholat Jumat, dan melakukan transaksi jual-beli dlm perjalanannya sambil terus berjalan dan gak berhenti, atau ngga duduk di perkumpulan transaksinya, 》 Maka hukumnya Tidak Haram, tapi Makruh,
Karena yang dimaksud dlm ayat tersebut adalah tidak boleh menunda/mengakhirkan dlm menunaikan sholat Jumat dan tidak boleh mengutamakan jual beli, sebab telah disebutkan dlm Al Qur’an, dan sprti yg selainnya, termasuk segala sesuatu yg mengalihkan perhatian seseorang dari sholat Jumat, seperti semua akad, jual beli, dan pekerjaan lainnya (tanpa udzur).
๐Al Mu’tamad Fil Fiqhi Asy Syafi’i juz 1 hlm 500 cet. Darul Qolam.
●●●
Tidak ada komentar:
Posting Komentar