Jumat, 27 September 2024

💠Nasihat Para Ulama Tentang Bekerja

Nasihat Syekh Abdul Wahhab asy Sya'roni Dalam Kitabnya Tentang Bekerja dan Keutamaannya

Oleh : Adam Mostafa EL Prembuny


☆Referensi saya :

📕Minahus Saniyyah
👳‍♂️Syaikh Abdul Wahhab asy Sya'roni


Sejak dahulu, para guru Ahli Thoriqot selalu menekankan agar para murid2 nya berbuat jujur dlm pekerjaannya. Bahkan, para guru dari kalangan Thoriqoh Syadziliyah sangat menekankan soal kejujuran dlm pekerjaan.

▶️Imam asy Syaikh Abu Hasan Asy Syadzili , tokoh dan pemimpin thoriqot Syadzili mengatakan :

"Siapa yg bekerja keras dan tetap teguh dlm menjalankan perintah Allah, maka dia telah sempurna mujahadahnya".

▶️Imam Abul Abbas al Mursi berkata :

"Bekerjalah . Jadikan alat tenunmu sbg tasbih . Jadikan kapakmu sbg tasbih . Jadikan alat jahitmu sbg tasbih, Dan jadikan perjalananmu sbg tasbih " . 
Bekerja adalah sesuatu yg wajib sebagaimana sholat , puasa , haji dan lain sebagainya . Ia termasuk bagian dan pendukung kekuatan iman . Laki - laki yg nggak bekerja adalah sama seperti perempuan . 

Rasulullah sendiri membawa risalah bukan dgn nyuruh para sahabat buat ninggalin pekerjaannya. Justru beliau tetap memerintahkan mereka tetap aktif dgn pekerjaan mereka. Rosulullah hanya memerintahkan para sahabat utk berbuat baik dan jujur dlm pekerjaannya . 

Untuk menempuh jalan menuju Allah , guru pembimbing yg sempurna adalah guru yg tetap menganjurkan para muridnya bekerja . Bukan❌ guru yg ngelarang bekerja untuk dibimbing menuju Allah. 

Sesungguhnya , pekerjaan yg diperbolehkan agama tidak akan menghalangi seseorang untuk masuk dlm Hadhirot Ilahi . Beda dgn pekerjaan2 yg jelas dilarang dlm agama.


➡️Bekerja sangat penting untuk menjaga keimanan , kehormatan dan kemandirian. 

Jadi, Orang mukmin yg bekerja adalah lebih baik✅ daripada Guru thoriqot yg gak punya pekerjaan , yg makanannya cuma mengharap dari pemberian sedekah dan penyaluran zakat. 

Orang yg bekerja punya banyak kelebihan dibandingkan mereka yg tidak bekerja :

1. Pertama, dia makan dari hasil usahanya sendiri secara halal dan suci, bukan dari sedekah atau zakat, yg semua itu hakekatnya adalah harta kotor.

2. Kedua, dia terhindar dari anggapan bahwa dirinya adalah orang yg berilmu , sehingga nggak akan muncul sikap sombong dan menganggap remeh orang lain.

3. Ketiga , orang yg bekerja akan terselamatkan dari ketidakjelasan tentang sifat Allah, Rosul dan hukum2 Nya.

4. Keempat, kalo terjerumus dlm maksiat, dia akan mudah sadar dan mengerti, dan nggak akan ngeremehin kesalahan dgn alibi bahwa hal itu bisa dihapuskan dgn istighfar doang.

▶️Imam Ali al Khowash berkata : Orang yg makan dari hasil usahanya sendiri, walau dari pekerjaan yg makruh, adalah masih lebih baik daripada Ahli ibadah yg makan dari hasil mengharap sedekah dari orang lain.

Tapi perlu diingat, pekerjaan yg dilakukan dgn niat untuk menumpuk2 harta dan demi kesombongan itu juga sangat dicela. Rasulullah bersabda :
"Barang siapa yg mencari harta secara halal , dgn maksud utk menimbunnya dan untuk niat kesombongan, Allah akan menemuinya di akherat dgn kemurkaan Nya."

▶️Imam Asy Syafi'i berkata : Berlebihan dlm perkara halal adalah suatu siksaan yg dengan nya Allah menguji orang2 yg bertaubat.
Maka ketahuilah dan perangilah dirimu sendiri, yakni bahayanya hal tersebut dlm Syariat


📕Minahus Saniyyah lil Imam Asy Sya'roni , hlm 82-84, Cet. DKI (Darul Kutub Ilmiyyah).

○○○

وقد حث المشايخ سلفاً وخلفاً على عمل الحرفة تبعاً للقرآن العظيم والسنة الشريفة ، وأشهدهم في ذلك السادة الشاذلية ، فكان الشيخ أبو الحسن الشاذلي المنح السنية على الوصية المتبولية 
رحمه الله تعالى يقول : من اكتسب وقام بفرائض ربه تعالى عليه فقد كملت مجاهداته . 
وكان الشيخ أبو العباس المرسي رحمه الله تعالى يقول : عليكم بالسبب وليجعل أحدكم مكوكه سبحته ، وقدومه سبحته ، والخياطة سبحته ، والسفر سبحته . 
وقد أجمع العلماء على أن الكسب واجب وجوباً مؤكداً ملحقاً برتبة الإيمان ، ومعلوم أن من لا كسب له فهو كالمرأة لا حظ له في الرجولية . وكان صاحب « الوصية » رحمه الله تعالى يقول في حكم الفقير الذي لا حرفة له ، حكم البومة الساكنة في الخراب ليس فيها نفع لأحد . ولما ظهر رسول اللہ ﷺ بالرسالة لم يأمر أحداً من أصحابه بترك الحرفة التي بيده بل أقرهم على جرفهم وأمرهم بالنصح فيها ، وكان يقول : « الكامل من يسلك الناس وهم في حرفهم لا من يأمرهم بترك الحرفة حتى يسلكهم » . فإنه ما أمر مشروع إلا ويمكن العارف أن يوصل صاحبه إلى حضرة الله تعالى منه بخلاف الأمور التي لم تشرع . وكان يقول : « المؤمن أكمل عندي من المجاذيب من مشايخ الزوايا الذين يأكلون بدينهم وليس بيدهم حرفة دنيوية تعفهم عن صدقات الناس وأوساخهم » . 
من حرفة : 
وقد أكرم الله تعالى المحترفة بأمور فضلوا بها على المتعبدين من غير الأول : أن أعمال أحدهم له لكونه يأكل من كسبه لا من صدقات الناس وأوساخهم . 
الثاني : عدم دعواه العلم وتكبره على الجاهلين ، فيشهد حقارة نفسه وتعظيم غيره . 
الثالث : سلامته من الشبه العقلية في الله تعالى وفي رسله وأحكامه . الرابع : إذا وقع في معصية يصير يشهد قبحها لا يرى أنه فعل شيئاً
المنح السنية على الوصية المتبولية 
وكان سيدي علي الخواص يقول : عندي أن الذي يأكل من كسبه ولو مكروهاً كالحجام والتنواني ) أحسن من المتعبد الذي يأكل بدينه ويطعمه الناس بصلاحه . اهـ . 
ثم لا يخفى أن الكسب للتكاثر والتفاخر مذموم شرعاً ، وفي الحديث : « من طلب الدنيا حلالاً مكاثراً مفاخراً لقي الله تعالى وهو عليه غضبان »
 . وكان الإمام الشافعي رحمه الله تعالى يقول : طلب الزيادة من الحلال عقوبة ابتلى الله بها أهل التوبة . فاعلم ذلك وجاهد نفسك ، أي خواطرها ، في الشرع .
 
📕Minahus Saniyyah


●●●

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

👋 Panduan Membaca

💠Penjelasan Tema Artikel

                   Tema  & Bahasan   • Aqidah & Filsafat Memuat tulisan-tulisan pembahasan tentang Ilmu kalam, teologi, Ilmu mantiq...